Cara Mengamankan Akun Facebook dari Malware

Facebook adalah sebuah jejaring sosial yang sangat populer di dunia. Facebook merupakan situs terbesar kedua setalah Google. Pengguna Facebook tersebar diseluruh dunia, dan jumlahnya sampai Milyaran atau mungkin Triliunan. Banyak orang memanfaatkan facebook untuk berbagai kepentingan, ada yang baik dan ada juga yang tidak baik. 

Salah satu bentuk penyalah gunaan Facebook yang sedang trend sekarang yakni adanya penyebaran virus Malware. Virus Malware yang ada dalam facebook akan terus menyerang setiap akun facebook dan juga melakukan share virus malware tersebut tanpa sepengetahuan pemilik facebook. Akun yang sudah terkena malware facebook akan menshare video video dewasa dan p*rno tanpa sepengetahuan pemilik akun facebook tersebut. 

Virus malware facebook dapat menyerang akun kita kapan saja dan tanpa pengetahuan kita. Maka dari itu, sangat penting untuk mengecek akun facebook anda apakah terkena virus malware atau tidak. Berikut ini tahapan tahapan guna mengecek dan membersihkan akun facebook dari virus dan malware. 


Facebook Help

Facebook help merupakan pusat bantuan facebook untuk setiap permasalahan yang mungkin terjadi bagi pengguna Facebook. Facebook Help juga dapat menjadi sarana untuk mengecek dan membersihkan akun Facebook kita dari Malware. Klik tab Malware, maka akan ada beberapa penjelasan mengenai Malware dan juga cara mengatasinya. 

2. Klik Poin kedua, " Sepertinya ada Malware di Komputer saya apa yang harus saya lakukan "?
Poin ke 2
3. Lakukan Pemindaian

Kita dapat melakukan pemindaian dengan menggunakan antivirus yang sudah disediakan langsung oleh facebook. Yakni :
  1. F - Scure
  2. Trend Micro
  3. Eset
  4. Pengaman Microsoft
  5. Pemindaian Browser Crome
Pilih saja salah satu dari 5 aplikasi antivirus yang ditawarkan oleh Facebook. Sebagai contoh saya menggunakan F-Secure. Maka saya mengklik F-Secure, dan kita akan disuruh memasukkan kembali kata sandi akun Facebook kita. 

Login FB

Selanjutnya akan muncul tampilan konfirmasi untuk mengamankan Akun Facebook kita sebagai berikut, 
Mengamankan akun FB

Setelah kita mengklik Lanjutkan, kemudaian muncul notifikasi untuk memulai melakukan pemindaian akun Facebook. 


Pemindaian FB
Penghapusan malware akan berlangsung, dan secara otomatis akan terdownload File Antivirus untuk menghapus Malware pada akun facebook kita. Setelah anitvirus terdownload, maka selanjutnya buka aplikasi tersebut untuk memulai pemindaian pada akun Facebook. Pastikan komputer anda terkoneksi dengan Internet. 

Run pembersihan fb

Setelah kita mengklik Run, maka antivirus akan berjalan melakukan penscanan terhadap akun facebook yang kita miliki. 

Penscanan akun Facebook sedang berlangsung

Nah, sebenarnya pada langkah ini, jika tidak mau menunggu tinggal klik Lengkapi Masuk. Proses penscanan akan terus berlangsung meskipun kita login kedalam akun facebook kita. Jika pemindaian telah selesai berlangsung, maka Facebook akan memberitahukan hasilnya sebagai berikut. 

Pembersihan Akun Facebook Selesai

Pada pemberitahuan diatas disebutkan bahwa akun facebook yang saya miliki tidak terinfeksi oleh virus/malware. 

Demikianlah langkah - langkah mengamankan akun facebook dari malware dan virus facebook lainnya. Ingat, bahwa virus mungkin sudah masuk kedalam akun facebook anda tanpa sepengetahuan anda. Semoga artikel ini bermanfaat, silahkan share guna membantu orang lain agar terhindar dari virus yang ada dalam facebook. 







Aplikasi/Admnistrasi Guru Lainnya :

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Cara Mengamankan Akun Facebook dari Malware"

    Post a Comment